Desain ID Card Batik

Tulisan ini saya buat untuk melanjutkan Artikel saya beberapa hari yang lalu yaitu Membuat Maskot Linux yang bisa Anda lihat disini, maka kali ini saya akan menjelaskan cara membuat Desain ID-Card dengan corak Batik Penguin.




1. Buka aplikasi Inkscape di Komputer Anda, setelah terbuka aturlah ukuran margin pada halaman kerja Anda, sebagai contoh disini saya membuat ukuran 5.50 x 8.80 cm, buatlah dasar untuk project yang kita buat dengan menggunakan rectangles beri warna biru tua atau sesua kebutuhan Anda, buatlah ukuran sama persis dengan lembar kerja yang kita buat tadi.

2. Sekarang pada kita buat corak batik, disini saya membuat gambar bunga dengan memanfaatkan Tools Circles untuk membuat lingkaran beri warna coklat/maron (#800000),  atau lebih jelasnya silahkan pergunakan Fill and Storke (Ctrl+F) pilih RGB dengan rincian warna sebagai berikut, R:128, G:0, B: 0, A: 239, pada sub menu Blur isikan dengan 5,5, buat juga list pada pinggir Object lingkaran tersebut, klik Stroke paint pada Sub menu Flat color isikan sebagai berikut; R: 245, G:175, B:76, A: 255, sekarang pindah ke tab Stroke style, pada sub menu Width isikan 0.027 cm, setelah semua selesai duplicate object kita buat tadi, ubah ukranannya menjadi agak lonjong jangan lupa atur juga kemiringan object tersebut, Duplicate juga object tersebut menjadi 4 buah, atur sedemikian rupa hingga membentuk bunga kelompokkan (Ctrl+G) juga Object tersebut, susun gambar bunga tersebut membentuk bangunan layang-layang jangan lupa kelompokkan lagi.
masukkan gambar TUX yang telah kita buat sebelumnya, jika Anda belum membuat gambar penguin silahkan Klik disini untuk cara membuat gambar penguin. Setelah semuanya selesai sekarang kita kelompokkan semua Object tersebut, caranya Drag krusor Anda di area kerja hingga semua object tergambung, tekan Crtl+G pada keyboard untuk menyatukannya.


3. Susun gambar bunga yang di tengahnya ada gambar penguin tersebut di atas  rectangles yang telah kita buat tadi, duplicate object tersebut dengan menekan Ctrl+D pada keyboard, geser dan susun hingga membentuk gambar batik, lakukan berkali-kali hingga memenuhi lembar area kerja kita, buat gambar persegi panjang dengan menggunakan Tools rectangles sama ukuran pada langkah 1 tadi beri warna coklat #maron (800000) atur ntransfarancy warna dengan mempergunakan Fill and Storke, pada Sub Tab Opacity buat 39%


4. Buat Lubang untuk gantungan Co-Card dengan menggunakan Tools rectangles beri warna kuning ataupun warna lainnya, Masukkan Logo KLISSE yang sudah dibuat sebelumnya dengan cara File >Import >cari dimana Anda meletakkan file tersebut kalau sudah ketemu klik open, jika Anda belum membuat logo ini silahkan klik disini untuk cara membuat logo KLISSE, buat kotak untuk meletakan foto yang akan kita pasang pilih putih untuk warna dasarnya, jangan lupa beri list pembatas pada pinggirnya, masukkan gambar penguin yang telah kita buat sebelumnya.


5. Tulis Nama Anda dan keterangan jabatan dibawah foto yang telah kita pasang sebelumnya dengan menggunakan texy objects, beri garis pemisah diantara nama dan jabatan dengan menggunakan Tools rectangles, untuk memperindah desain kita buat juga barcode, tulis alamat web yang kita buat dibagian bawah barcode yang kita buat tadi.

6. Buat kotak dengan menggunaknan Tools rectangles pilih warna putih pasang di desain batik yang telah kita buat beri list dipinggirnya dengan ukuran 0.200 cm dan pilih warna hitam untuk list tersebut.



7. Ubah transfarasi warna kotak tersebut dengan klik Tools Creatif and edit Gradienst seret kebawah secara vertical handle warna putih pada object tersebut. terakhir satukan semua Object yang telah kita buat tersebut.

Terakhir, Simpan hasil desain yang telah kita buat tadi dengan Format SVG, atau jika ingin dijadikan gambar silahkan Export desain tersebut menjadi PNG, selamat Anda telah berhasil membuat desain CO-Card/ID-Card dengan menggunakan Aplikasi Open Source.


* Untuk mendapatkan materi/contoh ID Card yang sudah jadi dari tutorial saya diatas silahkan download disini

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Desain ID Card Batik"

  1. Keren. Mas Imgos, berjuanglah. Aku dukung!


    Ade Malsasa Akbar
    http://teknoplasma.com

    BalasHapus
  2. mas saya izin salin artikel mass dengan membawa link sumber asli.saya merasa prihatin degn tulisan2 gimp dan inkscape yang penulisnya bnyk berhenti.oleh krna itu saya buat blog copas tentang gimp dan inkscape yg bertebaran di internet,sehingga memudahkan kita untuk belajar. :)

    BalasHapus