Membuat Maskot Linux

Gambar  dalam tulisan ini sama seperti yang saya pasang pada lomba desain ID Card KLISSE yang bisa Anda Lihat disini


Maaf keterangan dan gambarnya masih sederhana karena buatnya pas waktu Istirahat saja, Aplikasi yang saya pakai masih menggunakan Inkscape.

1. Pertama Buka Aplikasi Inkscape Anda, disini sebagai contoh saya menggunakan Distro Sabilly 10.04 karena kebetulan komputer yang sedang nyala memakai OS ini, caranya Klik Applications >Graphics >Inkscape Vektor Editor Graphics, setelah aplikasi terbuka yang dilakukan adalah pengaturan Margin/Halaman kerja, Klik File >Document Properties (Shift+Ctrl+D) disini saya memakai ukuran sendiri secara manual 20 cm X 25 cm, untuk merubah ukuran dari px ke cm pada tab general >Default units ganti dengan cm, begitupun pada bagian custom size harus diganti dengan cm ini akan memudahkan perkerjaan kita dalam mengolah pekerjaan, pada Width isikan denga cara manual 20,00, dibagian Height  isi dengan 25.00



2. Buatlah gambar badan Tux/Penguin dengan menggunakan rectangles ataupun circles sama saja (untuk memudahkan pekerjaan Desain Anda silahkan pergunakan garis bantu Guides ataupun Grid caranya klik View >Guids/Grid),  klik icon Edit nodes (F2), lalu ikon Convert selected object to path (Shift+Ctrl+C) klik salah satu node di ujung rectangles, klik ikon symatric node lalu geser node dan handle node sedemikian hingga menyerupai gambar penguin, seperti gambar di bawah


3. Sekarang buatlah gambar perut/tengah dan beri warna Putih, caranya membuatnya sama seperti cara diatas, setelah jadi tumpuk ditengan gambar kita buat pertama tadi.


4. Tahap berikutnya kita membuat mata dari penguin, arahkan krusor ke Creatif circles, ellipses, and arcs klik disitu, drag/geser krusor anda di halaman kerja hingga menghasilkan bentuk lingkaran, beri warna putih gelap (30 % Gray) sekarang bentuklah agak lonjong  dengan menarik tanda panah di pinggir object lingkaran tersebut atau buat ukuran seperti berikut W: 1.885 H: 2.707 atur juga kemiringannya, setelah selesai Duplicat (Ctrl+D) object yang buat tadi, beri warna hitam, untuk memperindah bentuk mata agar tampak realistis kita harus memberi list di pinggirnya caranya dengan memanfaatkan Fill and Stroke (Shift+Ctrl+F) pada Tab File pilih Flat Color, pada Stroke paint pilih RGB dengan rincian sebagai berikut: R:216, G:197, B:110, A:255 atau sesuaikan kebutuhan Anda, sekarang kita buat ukuran list dari Object tersebut dengan mengeklik Stroge Style, isikan 0.90 pada sub Tab With, gabungkan object kita buat tadi, buat juga mata yang satunya seperti langkah diatas

5. Buat bibir dan mulut Penguin dengan menggunakan rectangles, atur seperti cara diatas, buat garis kecil untuk mulut dengan menggunakan Tools Draw Bezier curves and straight lines lakukan dengan hati-hati dan teliti, setelah sesuai gabungkan dengan object rectangles tadi.

6. Terakhir kita buat kaki dari penguin, disini saya menggunakan Tools Stars and Polygons, untuk mengedit menjadi bentuk kaki sama seperti langkah-langkah diatas, jangan lupa pinggir object tersebut diberi List.

Setelah semuanya selesai sekarang kita kelompokkan semua Object tersebut, caranya Drag krusor Anda di area kerja hingga semua object tergambung, tekan Crtl+G pada keyboard untuk menyatukannya.
Selamat Anda sudah berhasil membuat gambar maskot Linux yaitu TUX, tunggu tulisan saya berikutnya  yaitu cara membuat ID Card dengan model Batik. Salam Open Source, belajar Linux itu asyik dan menyenagkan.

* Untuk mendapatkan materi/contoh Gambar TUX/Penguin yang sudah jadi dari tutorial saya diatas silahkan download disini

Gambar Artikel saya berikutnya yang segera menyusul.

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Membuat Maskot Linux"

  1. Artikel yang menarik...
    Gimana caranya cetak foto dengan inkscpae ini ? hehe..
    perkenalkan ni newbie ... tertarik dengan inkscpae ni.. lagian mau migrasi juga ni cari corel :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya hampir sama di tulisan saya yang ini: http://imgos-linux.blogspot.com/2011/09/print-kartu-nama-menggunakan-inkscape.html

      Hapus
  2. mantep gan, ane blom lama kenal inkscape, keren tuh app.

    BalasHapus