Membuat ID Card menggunakan LibreOffice Draw

Jika pada tulisan kemarin yang bisa Anda lihat di Link ini saya membuat Desain Logo menggunakan Inkscape, maka pada tulisan ini saya membuat Desain ID Card menggunakan LibreOffice Draw.
LibreOffice Draw merupakan komponen aplikasi LibreOffice yang berfungsi untuk membuat dan memanipulasi data gambar digital 2 dimensi. Bentuk gambar vektor standar seperti garis, lingkaran, kotak, persegi, segitiga, busur dan bangun geometri lainnya dapat dibuat dengan mudah dan cepat. Hampir semua format gambar digital yang umum digunakan dalam aplikasi komputer bisa dibuat dan dimanipulasi dengan program ini. Format gambar tersebut adalah: BMP, Gif, JPEG, PNG, Tiff, WMF, Dll.

1. Pertama Buka Aplikasi LibreOffice Draw anda disini sebagai contoh saya menggunakan Distro BlankOn Pattimura Beta, caranya Klik Aplikasi >Grafis >LibreOffice Draw, setelah aplikasi terbuka hal pertama yang dilakukan adalah pengaturan Margin/Halaman kerja, klik Format >Halaman disini saya memakai ukuran sendiri secara manual yaitu Lebar 7,50cm Tinggi 10,80cm, (jika Aplikasi Libre Office Draw yang Anda pakai masih menggunakan ukuran Inchi silahkan dirubah terlebih dahulu melalui Perkakas >Opsi >LibreOffice Draw >Umum, pada menu Satuan Ukuran ganti dengan Sentimeter) sedangkan jarak margin halaman tidak saya rubah, setelah selesai klik Oke.

2. Klik Tools Drawing yang ada di bagian bawah halaman kerja Anda, arahkan ke bagian bentuk dasar cari dan pilihlah yang sesuai dengan bentuk yang ingin Anda buat desain Dalam Contoh saya memilih Bujur Sanggkar membulat, setelah itu terpilih klik dan tarik (drag) kehalaman kerja Anda, klik kanan Object yang kita buat tersebut pilih Posisi dan Ukuran, pada sub menu Ukuran silahkan lakukan pengaturan, buat Lebar 5,50cm tinggi 8,80cm klik Oke.

3. Atur kemiringan pada sudut Object yang kita buat dengan menarik Handle berwarna Kuning ke atas, ubah dasar Warna dengan cara Klik kanan Object tersebut pilih Wilayah > Bitmap >disini saya memilih Api, klik oke. Untuk mengatur garis tepi klik kanan kanan Object tersebut pilih Sunting Gaya >Baris, pada Submenu Gaya pilih Bersambung, warna pilih hijau, lebar pilih 0,10cm, pada tab transparasi isikan 40%, disini Anda juga bisa melakukan pengaturan lainnya sesuaikan kebutuhan  desain yang ingin dibuat, setelah selesai klik Oke


4. Buat penghias bagian atas karena ini adalah ID Card yang berkaitan dengan masalah komputer maka saya buat seperti border Jendela Komputer, cara masih sama yaitu  dengan menggunakan Bentuk dasar seperti pada langkah nomor 2 dan 3, disini hanya berbeda ukuran dan warnanya saja, setelah selesai silahkan Satukan dan klik Ok

5.sekarang kita membuat Tulisan ID Card yang akan kita buat dengan memanfaatkan  Galery Fontwork Tools Drawing yang ada di bagian bawah halaman kerja Anda pilih Favorit 1 klik oke, klik double Object yang kita pilih tadi tulis Nama ID Card sesuai nama Anda, ubah dasar Warna Tulisan dengan cara Klik kanan Object tersebut pilih Wilayah >Gradien arahkan Krusor ke Properti pada tab Jenis pilih Elips, pada Submenu pewarnaan Dari: pilih Hijau Cerah, pada submenu Ke pilih Magenta, atur juga Kontras warna tersebut, disini saya pilih Hijau Cerah 100% dan Magenta 70% (Anda bisa mengatur warna lainnya sesuai kebutahan) klik Oke

6. Tulis nama website dibagian bawah dengan menggunakan Teks, setelah selesai kita satukan semua Object tersebut caranya Aarahkan Mouse pada gambar Panah di pojok kiri Tools Drawing Anda lakuan Drag Mouse di lembar kerja setelah itu klik kanan >Kelompokkan, sekarang Simpan lembar kerja Anda di Folder pada komputer Anda.

Jika Anda ingin menjadikan File yang telah kita buat tadi menjadi format selain Odg, klik Berkas/File >Eksport >pada jenis berkas pilih sesuai pilihan Anda.

* Untuk mendapatkan materi/contoh ID Card yang sudah jadi dari tutorial saya diatas silahkan download disini

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Membuat ID Card menggunakan LibreOffice Draw"

Poskan Komentar